Recent Posts

    11 Cara untuk Melindungi Ponsel Anda



    Smartphone telah berkembang dalam lompatan raksasa selama bertahun-tahun. Anda sekarang dapat menggunakan ponsel Anda untuk apa saja: dari membayar tagihan, memeriksa email penting, hingga menyimpan data dan media yang sensitif. Tidak banyak yang tidak bisa dilakukan smartphone.

    Dengan kemajuan teknologi jenis ini, risikonya juga meroket. Ini berarti bahwa perangkat kecil yang sangat pas di tangan Anda akan menempatkan Anda pada risiko besar jika Anda membiarkan pertahanan Anda hilang dan dicuri, diretas, atau rusak.
    Berita baiknya adalah sebenarnya ada beberapa cara untuk melindungi telepon Anda dan artikel ini berbicara tentang 11 di antaranya. Mari kita mulai!

    1. Gunakan Kode Kunci

    Ini seharusnya cukup jelas, tetapi Anda akan terkejut betapa banyak orang yang bahkan tidak repot mengatur kode kunci untuk ponsel dan kartu sim mereka. Masalahnya terletak jauh di luar kontak yang hilang dan kemungkinan janji yang terlewat. Skenario terburuk: jika ponsel Anda dicuri atau hilang, data Anda akan rentan terhadap orang-orang dengan niat buruk.

    Hindari masalah ini dengan memasukkan kata sandi tidak hanya pada ponsel Anda, tetapi juga pada kartu sim Anda. Dengan begitu, Anda setidaknya membeli waktu untuk melakukan sesuatu tentang kehilangan sebelum orang lain dapat memecahkan kode sandi Anda.

    2. Tonton Jaringan Nirkabel Yang Anda Sambungkan

    Kita hidup di era media sosial, di mana orang berkembang menjadi terhubung dengan orang lain dari seluruh dunia. Tetap terhubung online biasanya menyedot data dan mendorong tagihan telepon Anda melalui atap, itulah sebabnya koneksi WiFi adalah anugerah. Namun, jika Anda tidak berhati-hati tentang ke mana Anda terhubung, Anda bisa saja mengarahkan telepon Anda ke pihak jahat.

    Untungnya, smartphone telah diprogram untuk mengurangi kemungkinan risiko ini. Biasakan untuk mematikan koneksi nirkabel Anda setiap kali Anda tidak menggunakannya. Tip ini sebenarnya memecahkan dua masalah: membantu Anda menghindari pelanggaran data pada ponsel Anda dan membuat baterai Anda lebih lama.

    3. Waspadai Koneksi Bluetooth Juga

    Meskipun jauh lebih aman daripada koneksi nirkabel karena jangkauannya yang relatif pendek, koneksi Bluetooth masih dapat menimbulkan ancaman terhadap keselamatan ponsel Anda. Peretas, ketika berada dalam jangkauan, dapat dengan mudah melakukan panggilan, mendengarkan percakapan dan mengakses data seperti yang mereka lakukan di ponsel mereka sendiri.

    Setel mode Tidak Dapat Ditemukan sebagai konfigurasi Bluetooth default Anda. Dengan melakukan itu, perangkat Anda tidak akan lagi muncul di daftar peretas yang potensial. Jika Anda mendapatkan permintaan asing untuk memasangkan dengan perangkat Anda, selalu pilih untuk menolak.

    4. Berhati-hatilah dengan Aplikasi

    Dengan lonjakan malware baru-baru ini pada ponsel yang berjalan pada OS Android, seseorang perlu menjadi ekstra waspada saat mengunduh aplikasi. Meskipun mungkin tidak nyaman untuk membaca persyaratan perangkat lunak pada saat instalasi, tetapi hal itu akan memberi Anda gambaran jika suatu perangkat lunak, terutama yang tidak dikenal, masuk akal dengan permintaan akses mereka.

    Selalu pastikan untuk mengunduh aplikasi dari platform aman dan resmi saja. Anda juga dapat menjaga keamanan ponsel Anda dengan tidak menyimpan detail akses Anda setiap kali Anda masuk ke browser internet karena hal itu akan membuat peretas lebih mudah mengakses data Anda karena semuanya ada di satu tempat.

    5. Unduh Anti-Malware yang Efektif

    Ini sangat berguna jika Anda kurang beruntung untuk mendapatkan malware di ponsel dari mengunduh aplikasi. Perangkat lunak anti-malware pasti akan melunakkan pukulan dari infeksi dan akan menyimpan informasi dan media Anda dari kerusakan.

    6. Perbarui OS Ponsel Anda Sering

    Pembaruan OS konstan kadang-kadang bisa sedikit mengganggu, tetapi Anda akan melayani telepon dengan baik dengan tidak mengabaikannya. Memperbarui OS Anda akan menerapkan sistem yang lebih baik dan lebih aman yang akan melindungi data Anda. Jadi ketika pengingat muncul di layar ponsel Anda, bersihkan beberapa ruang penyimpanan dan segera mulai memperbarui.

    7. Cadangkan Data Anda

    Kehilangan ponsel Anda sudah cukup buruk. Menunggu selamanya untuk mengambil semua kontak Anda, janji temu, data sensitif dan dokumen terkait membuatnya jauh lebih buruk. Mencadangkan data ponsel Anda mungkin tidak penting bagi Anda sekarang, tetapi tentu akan lebih mudah saat Anda membutuhkannya.

    Ada layanan yang akan secara otomatis mengunggah semua data Anda ke sumber daya online setiap kali Anda terhubung ke jaringan WiFi yang kuat, membuat Anda bebas dari kerepotan mengaturnya sendiri. Temukan yang paling sesuai dengan OS ponsel Anda dan manfaatkan itu.

    8. Melakukan Jailbreak atau Rooting Perangkat Anda Adalah Tidak-Tidak

    Men-jailbreak atau me-rooting smartphone adalah salah satu cara untuk mem-bypass protokol keamanan pabrikan. Melakukannya akan secara signifikan melemahkan ponsel Anda dan membuatnya rentan terhadap ancaman perangkat lunak. Cobalah untuk menghindari melakukan ini sebanyak yang Anda bisa.

    9. Dapatkan Asuransi

    Kesalahan manusia tidak akan pernah keluar dari pertanyaan ketika berhadapan dengan keamanan telepon. Tetes yang tidak disengaja dan tumpahan cairan adalah hal biasa dan mungkin akan membuat Anda mengembalikan beberapa ratus dolar dalam perbaikan.

    Dengan membeli asuransi untuk ponsel Anda, kerusakan yang disebutkan di atas akan ditanggung dan memberi Anda lebih sedikit ancaman untuk dikhawatirkan. Ada banyak rencana asuransi yang bagus di luar sana. Yang harus Anda lakukan adalah melihat ke dalamnya dan mencari tahu seperti apa cakupan yang Anda inginkan.

    10. Gunakan Pelindung Layar yang Handal

    Sejauh menyangkut kerusakan layar ponsel Anda, Anda tidak akan pernah salah dengan mendapatkan teknologi perlindungan yang teruji dan teruji yang tidak akan pernah mengecewakan Anda pada saat dibutuhkan. Ada banyak pilihan bagus di pasaran saat ini, tetapi produk yang menonjol biasanya adalah yang melampaui dan melampaui.

    Pilihlah pelindung layar yang terbuat dari poliuretan kelas militer untuk lapisan pertahanan ekstra dari trauma tumpul. Hal-hal ini biasanya lebih terjangkau daripada yang Anda pikirkan dan pasti dapat menahan dampak besar, membuat layar ponsel Anda tanpa cedera setiap kali.

    11. Investasikan dalam Kasus yang Dapat Diandalkan

    Anda dapat mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menjaga ponsel Anda tetap aman, tetapi Anda tidak dapat menyangkal fakta bahwa mereka selalu hanya berjarak satu tetes saja dari tidak berguna sama sekali. Jangan khawatir, itu terjadi bahkan pada orang yang paling berhati-hati.

    Ketika Anda berinvestasi dalam pelindung telepon dan tahan air, Anda secara signifikan mengurangi kekhawatiran Anda akan menjatuhkan dan merusak telepon Anda. Sekarang Anda dapat membawa ponsel Anda ke mana saja - pantai, gunung, dan bahkan langit. Pastikan Anda memilih penutup telepon yang terbuat dari bahan kelas militer, selam dalam air hingga 24 kaki, dan tahan guncangan, salju, dan tahan debu.

    Memastikan ponsel Anda aman setiap saat dapat sedikit berlebihan, tetapi tips di atas akan mengurangi tekanan di bahu Anda. Ingatlah hal itu dan Anda akan baik-baik saja.

    Belum ada Komentar untuk "11 Cara untuk Melindungi Ponsel Anda"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel